1. Perhatikan
gambar pengukuran panjang balok di bawah ini!
Hasil pengukuran yang diperoleh adalah....
A. 3,00 cm
D. 3,19 cm
B. 3,04
cm
E. 4,19 cm
C. 3,09 cm
PEMBAHASAN :
Skala utama di kiri skala 0 nonius menunjukkan 3,1 cm lebih.
Skala utama dan skala nonius berimpit pada garis skala nonius ke-9. Ini
menunjukkan kelebihan 9 x 0,01 cm = 0,09 cm. Jadi, hasil pengukuran yang
diperoleh adalah 3,1 ditambah dengan 0,09 sama dengan 3,19 cm.
2. Dua benda A dan B masing-masing bermassa 2 kg dan 6 kg
diikat dengan tali melalui sebuah katrol yang licin seperti gambar. Mula-mula
benda B ditahan kemudian dilepaskan. Jika g = 10 ms-2 maka
percepatan benda B adalah ...
A. 8,0 ms-2
D. 5,0 ms-2
B. 7,5 ms-2 E. 4,0 ms-2
C. 6,0 ms-2
B. 7,5 ms-2 E. 4,0 ms-2
C. 6,0 ms-2
PEMBAHASAN :
gunakan persamaan di bawah ini:
3. Diagram melukiskan benda bidang homogen dengan
ukuran seperti gambar.
Koordinat titik berat benda
gabungan adalah…
A. (3 ;
2,7)
D. (3 ; 4,5)
B. (3 ; 3,6) E. (3 ; 5,0)
C. (3 ; 4,0)
B. (3 ; 3,6) E. (3 ; 5,0)
C. (3 ; 4,0)
PEMBAHASAN :
Kalau option
menunjukkan angka di sumbu X udah sama semua, gak usah dicari lagi. Cukup yang
di sumbu Y aja.
Bagi gambar di atas menjadi dua bidang, persegi panjang dan
segitiga. Persegi panjang memiliki titik berat di sumbu y yaitu 3/2. Untuk
segitiga, titik berat di sumbu y adalah 1/3 tingginya, yaitu 2. Karena acuan
dari titik 0,0 maka harus ditambah dengan 3 menjadi 5. Adapun luas
masing-masing bidang, readers udah tau kan cara mencarinya.
Kemudian masukkan ke persamaan :
4. Sebuah katrol dari benda pejal dengan tali yang dililitkan pada
sisi luarnya ditampilkan seperti gambar!
Gesekan katrol dengan tali dan gesekan
disumbu putarnya diabaikan. Jika momen inersia katrol I = β dan tali ditarik dengan
gaya tetap F, maka hubungan yang tetap untuk menyatakan percepatan sudut katrol
adalah ...
A. α = F.R.
β D. α = F.R. (β)—1
B. α = F.R. β2
E. α = (F.R) —1. β
C. α = F.(R. β)—1
PEMBAHASAN :
5.
Pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan gaya angkat pada pesawat terbang
yang benar adalah …
A. Tekanan udara di atas sayap lebih besar daripada tekanan udara
di bawah sayap
B. Tekanan udara dibawah sayap tidak berpengaruh terhadap gaya
angkat pesawat
C. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih besar
daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
D. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih kecil daripada
kecepatan aliran udara dibawah sayap
E. Kecepatan aliran udara tidak mempemgaruhi gaya angkat pesawat
PEMBAHASAN :
Pada sayap pesawat berlaku untuk
gaya angkat (ke atas) :
Fbawah > Fatas
Pbawah > Patas
Vbawah < Vatas
Pbawah > Patas
Vbawah < Vatas
SUMBER : http://tejoholic.blogspot.com/2012/03/assalamu-alaikum-wr.html
0 komentar:
Posting Komentar